Tips Agar Bisa Diterima Magang Di Perusahaan

Tips Agar Bisa Diterima Magang Di Perusahaan

eMagang.com – Berikut merupakan tips agar bisa diterima magang di perusahaan yang menjadi impian kamu. 

Sebelumnya perlu diketahui bahwa potensi untuk diterima magang masih sangat besar, bergantung kualifikasi yang diminta oleh perusahaan yang kamu tuju.  

Umumnya sebuah perusahaan melakukan penerimaan mahasiswa magang untuk yang minimal semester 4. 

Kembali lagi ke tempat magang yang ditujukkan, ada tahapan seleksi yang dipersyaratkan. Langkah-langkah yang perlu diperhatikan kurang lebih seperti ini:

1. Setelah adanya konfirmasi bahwa tempat magang yang dituju mempersilahkan kegiatan magang, pastikan kembali dokumen yang harus dilampirkan, lampiran dokumen dikirim via e-mail atau langsung ke kantor. 

Berapa kuota yang disediakan untuk peserta magang, berapa jangka waktu minimal kegiatan magang yang ditawarkan. 

Terutama apabila ada tahapan seleksi yang dilakukan untuk calon peserta magang, misalnya tes tulis ataupun wawancara.

2. Persiapkan dengan baik dokumen administrasi sesuai dengan yang diinstruksikan. 

Sehubungan dengan banyaknya yang mendaftar magang, otomatis kamu harus masuk kategori “qualified”. Jadilah kandidat peserta magang yang menarik dan berbeda dengan kandidat yang lain.

Secara umum, dokumen administrasi yang diajukan untuk kegiatan magang ada: 

a.Proposal 

b.CV

c.Surat Izin Magang dari fakultas;

a.Proposal Magang

Susun proposalnya sebagus mungkin, mirip seperti membuat makalah. Cover, latar belakang, data peserta magang tujuan magang, manfaat magang, tempat dan waktu pelaksanaan, penutup. Konsep latar belakang menyerupai seperti ini, tetapi masih bisa diperbaiki lagi dan dielaborasi:

b. Curriculum Vitae (CV). Perhatikan komposisi CV agar terlihat ideal dan formal, dari segi desainnya dan substansi yang mau di-input, pengalaman kerja; pengalaman organisasi; penghargaan; pelatihan; dan lain-lain. 

Tunjukan bahwa kamu punya nilai lebih dari segi keaktifan di kegiatan apapun. *)Hindari warna dan font yang terlalu mencolok, kesalahan penulisan (typo), konsistensi penggunaan bahasa/ kata/ kalimat, ringkas.

C. Surat Izin Magang. Terlepas dari seberapa formalitasnya dokumen ini, tapi dokumen ini memiliki kekuatan tersendiri. 

Ibaratnya semacam surat rekomendasi dari kampus, yang menyatakan bahwa peserta didik ini sudah secara sah dan diakui untuk mendaftar magang di tempat yang dimaksud.

4. Apalagi untuk magang yang diajukan tanpa ada informasi apapun mengenai kegiatan magang, ini bisa jadi kunci untuk supaya bisa diterima magang.

Point terakhir yakni kalau ada tes tulis atau wawancara, tetap butuh persiapan juga. Tes tulis otomatis belajar materi. 

Kalau wawancara lebih perbanyak berkomunikasi dan berlatih tata cara menjawab pertanyaan dengan jelas dan santun, agar tidak gelagapan dan terlihat lebih meyakinkan.

Pertanyaan wawancara yang pasti seputar kehidupan kamu sebagai pelajar dan apa yang kamu ketahui mengenai tempat magang kamu.

Begitulah beberapa tips agar bisa diterima magang di perusahaan yang menjadi impian kamu. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *