Pengertian dan Cara Melatih Kemampuan Soft Skill di Dunia Kerja

Pengertian dan Cara Melatih Kemampuan Soft Skill di Dunia Kerja

Mengasah soft skill menjadi salah satu hal yang dibutuhkan terutama di dunia kerja seperti saat ini. 

Memiliki soft skill yang mempunyai bisa menjadi peluang yang bagus untuk bisa masuk ke dunia kerja dengan cepat. 

Pengertian soft skill adalah bagian dari skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja hal ini juga telah dibuktikan oleh penelitian dari Harvard University AS, 

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa kesuksesan seseorang 20% ditentukan oleh hard skill dan 80% ditentukan oleh soft skill.

Soft skill merupakan salah satu yang tidak bisa diukur dan tidak bisa dinilai menggunakan angka. 

Bila ingin memiliki skill komunikasi yang bagus dan jelas terutama di dunia kerja harus mempunyai soft skill ini.

Soft skill meliputi keterampilan sosial, kecerdasan sosial, dan komunikasi seseorang. Selain itu, soft skill juga lebih mengarah pada wawasan dan emosi. 

Soft Skill Adalah

Perlu diketahui bahwa soft skill sangat berbeda dengan hardskill karena skill ini lebih berhubungan dengan keterampilan sosial, komunikasi dan kecerdasaan emosional. 

Mengambil pengertian dari Monster, softskill merupakan salah satu hal yang tidak bisa diukur dan tidak berbentuk sehingga berbeda dengan hard skill.

hardskill dan soft skill saling melengkapi sehingga bisa digunakan dengan maksimal nantinya di tempat kerja. 

Jenis Softskill Berguna di Dunia Kerja

Komunikasi

Salah satu jenis soft skill yang berguna didunia kerja dan perlu dimiliki oleh mahasiswa adalah komunikasi. 

Melatih komunikasi bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan soft skill bagi mahasiswa sehingga nantinya akan lebih mudah mendapat pekerjaan. 

Kemampuan soft skill komunikasi meliputi beberapa unsur penting berikut ini yakni negosiasi yang merupakan kemampuan untuk memperoleh sebuah kesepakatan melalui proses tawar menawar. 

Kemudian public speaking yaitu bagian dari soft skill komunikasi yang artinya bisa mengutarakan pendapat didepan umum atau khalayak ramai. 

Terakhir yakni presentasi yang juga merupakan salah satu kemampuan soft skill untuk menyampaikan ide gagasan dan  materi dan biasanya disebut dengan presenter. 

Problem Solving

Selain komunikasi Problem solving atau kemampuan menyelesaikan masalah dengan tuntas dan baik merupakan soft skill yang wajib dimiliki mahasiswa. 

Soft skill problem solving berkaitan dengan kreativitas, research dan berpikir kritis yang seringkali dilupakan. 

Cara yang bisa digunakan untuk bisa memiliki skill problem solving dengan mengikuti acara atau organisasi selama masih menjadi mahasiswa. 

Dengan demikian mahasiswa akan terbiasa menghadapi studi kasus yang membutuhkan kemampuan penyelesaian masalah yang cepat. 

Leadership

Memiliki jiwa kepemimpinan juga menjadi salah satu poin penting yang harus dikuasai terutama untuk memiliki soft skill di dunia kerja. 

Sebagai mahasiswa yang nantinya akan menjadi pekerja maka kecerdasan dan ketepatan dalam mengambil keputusan menjadi hal penting. 

Di dalam softskill leadership terdapat beberapa poin penting yang harus dikuasai seperti manajemen konflik agar bisa menyelesaikan permasalahan. 

Lalu Delegasi atau pembagian tugas antar anggota sehingga memiliki peran dan tugas yang seimbang dan terakhir yakni mentoring atau pemantauan. 

Adaptasi

Selanjutnya yakni adaptasi atau kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar terutama di dunia kerja. 

Seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan dunia kerja merupakan tempat yang dinamis sehingga membutuhkan kemampuan adaptasi yang tinggi. 

Di dalam poin adaptasi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti konsistensi atau keajegan dalam melakukan pekerjaan. 

Selanjutnya yakni fleksibel atau menyesuaikan dengan lingkungan sekitar terutama ketika diberikan sebuah pekerjaan. 

Time management

Poin terakhir yakni time management yang tidak kalah penting menjadi salah satu soft skill yang wajib diasah oleh mahasiswa.

Time management berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk melakukan sebuah pekerjaan secara efektif dan produktif. 

Hal ini menjadi penting karena ketika beban kerja menumpuk bisa membagi fokus kedalam pekerjaan yang penting terlebih dahulu. 

Memiliki soft skill ini juga terbukti bisa menjadi manusia menjadi lebih produktif dalam bekerja.

Cara Mengasah Soft Skill

Soft skill tidak berbeda dengan kemampuan lain yang membutuhkan waktu untuk terus diasah dengan rutin. 

Hal ini akan membuat soft skill tersebut semakin dalam dan bisa meningkatkan kemampuan serta pengalaman. 

Mengasah Soft skill bisa dilakukan sejak mahasiswa sehingga nantinya akan lebih mudah diterapkan dikehidupan sehari hari

Pilih soft skill yang ingin diasah

Soft skill yang ingin diasah sangat beragam sehingga pastikan untuk fokus dan memilih softskill yang berguna untuk karirmu kedepannya. 

Mengasah softskill bisa ditingkatkan kapan saja asalkan konsisten dan jelas dengan skill apa yang ingin diasah lebih dalam. 

Contohnya seperti leadership yang bisa diasah dengan mengikuti organisasi atau acara kepanitiaan di kampus maupun di lingkungan sekitar. 

Selanjutnya bila ingin mengasah soft skill komunikasi bisa dengan belajar berbicara dan mengemukakan pendapat di umum. 

Begitulah cara mengasah soft skill semoga bisa membantu untuk mengembangkan skill nantinya menuju dunia kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *