Empat Alasan Pentingnya Magang Saat Masih Menjadi Mahasiswa

Empat Alasan Pentingnya Magang Saat Masih Menjadi Mahasiswa

e-magang.id – Salah satu permasalahan mahasiswa terkait dengan magang yakni apakah harus magang saat menjadi mahasiswa atau setelah lulus kuliah. 

Dua hal ini menjadi perdebatan yang sering dihadapi oleh mahasiswa semester akhir menjelang kelulusan. 

Berikut empat alasan kuat kenapa harus magang saat masih menjadi mahasiswa karena akan memperoleh beberapa kelebihan berikut. 

1. Sebisa mungkin melakukan adaptasi lebih dulu dengan yang namanya dunia kerja. Perlu diketahui bahwa dunia perkuliahan dengan dunia kerja sangat berbeda jauh. 

Meskipun ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan tanpa harus monoton datang ke lokasi kerja dengan jam kerja yang sudah ditentukan.  

Namun masih sangat banyak yang menuntut pekerja datang ke lokasi kerja.

2. Cari pengalaman kerja dan berusaha membuat portofolio CV makin menarik dibaca, untuk bekal nanti setelah lulus dari bangku perkuliahan.

Hal ini akan menjadi hal penting karena CV dengan pengalaman terlihat lebih menarik daripada yang tidak memiliki pengalaman sama sekali.

CV yang baik juga akan membuka peluang mendapatkan pekerjaan lebih cepat bila dibandingkan dengan yang tidak memiliki pengalaman sama sekali.

3. Tahu, kenal dan menjalin hubungan dengan orang-orang yang sudah biasa terjun di dunia kerja. 

Apabila tidak pernah berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan maka akan sulit untuk mendapatkan peluang lain.

Jangan sampai udah statusnya anak magang, tapi tidak tahu apa-apa

4. Tahu dan makin mengerti apa yang namanya gaji. Jadi bakal punya gambaran, ketika magang pekerjaan seperti apa yang gajinya masuk dalam range pribadi. 

Bagaimana pekerjaannya, dan target posisi apa yang akan dikejar bila bekerja setelah lulus hingga beberapa tahun ke depan.

Apabila telah memiliki pengalaman magang atau bahkan kerja sebelum lulus, akan lebih mudah nanti kedepannya.

Tetapi, bila terlalu nikmat menjalani kerja sebelum lulus, bisa-bisa jadi mahasiswa telat lulus atau bahkan mahasiswa abadi, karena sudah tahu yang namanya terima gaji.

Begitulah empat alasan kenapa lebih baik untuk magang sebelum lulus kuliah atau saat masih berstatus sebagai mahasiswa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *